Jumat, 22 Februari 2013

Pengertian Simulasi


Ø  Pengertian Simulasi 

Simulasi adalah proses yang diperlukan untuk operasionalisasi suatu model untuk meniru tingkah laku sistem yang sesungguhnya. Dalam praktek antara modeling dan simulasi berhubungan sangat erat. Simulasi dapat didefinisikan sebagai pengimitasian proses dari kejadian ril atau kenyataannya. Dimana imitasi pada simulasi bertujuan untuk menghadirkan sistem ril dalam bentuk maya melalui penggunaan tiruan dari komponen-komponen dan strukturnya.  Adapun pengertian simulasi yang lain adalah proses merancang model matematis atau logik dari sistem selanjutnya melakukan eksperimen dengan model tersebut untuk menggambarkan, menjelaskan dan memprediksi kelakukan dari system. Simulasi bertujuan untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem (behaviour) dan hiburan atau permainan (game).
Model simulasi ada dua (2) macam :

Simulasi Analog
Yaitu simulasi yang mempergunakan representasi fisik untuk menjelaskan karakteristik penting dari suatu masalah. Contoh : model hidraulik sistem ekonomi makro.
Simulasi Simbolik
Pada dasarnya meniru model matematik yang pemecahannya (dipermudah) dengan menggunakan computer, disebut simulasi komputer.
v Terdapat tiga (3) komponen utama yang mendasari simulasi :
1.      Metode analisis sistem
2.      Metode statistik
3.      Pemograman computer


Pengertian Sistem secara umum
Sistem adalah Media yang didukung oleh komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain dan dibatasi oleh aturan tertentu guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Sebuah sistem beroperasi dalam ruang dan waktu.
Contoh: Sistem Tata surya, Jaringan Telpon, Sistem Operasi Komputer
Cara mempelajari suatu system adalah :
1.      Mengambil data sampel dan melakukan uji coba.
2.      Mengangkat suatu permasalahan dari sistem, lalu membuat batasan terhadap pokok bahasan.
3.      Menyederhanakan pokok bahasan sesuai kebutuhan data dari sistem.
Model
Representasi sistem yang disederhanakan (pada suatu ruang dan waktu) untuk meningkatkan pengertian terhadap sistem yang sebenarnya.
Klasifikasi model ,dibedakan menjadi 2 (dua) :
1. Model Fisik
2. Model Matematika:
Model Dinamis àSangat dipengaruhi oleh perubahan waktu.
Model statis à Menunjukkan perilaku sistem secara spesifik pada kondisi tertentu saja.

Metode model matematika ada 2 :
1.Metode Analitis
Menggunakan teori matematika deduktif untuk menyelesaikan model.
2.MetodeNumerik:
Menggunakan prosedur-prosedur komputasi untuk menyelesaikan persamaaan- persamaan dari suatu model.


 Ø  Kenapa perlu simulasi?......
Karena untuk memberikan gambaran dan perkiraan pada aplikasi yang kita buat seperti apa, dan bagimana cara aplikasi yang kita buat  tersebut berkerja. Maka setalah kita mengetahui gambarannya seperti apa dari sanalah kita bisa merancang apliksi yang kita buat.


Ø  Kelebihan dan kekurangan dari simulasi adalah sebagai berikut :

ü   Keuntungan Simulasi :
Memungkinkan detail bisa dicakup
Dapat membandingkan rancangan sistem yang lain
Dapat mengontrol skala waktu
Sistem eksisting tidak diperlukan

ü   Kelemahan Simulasi:
Sulit untuk menggeneralisir hasil
Sulit untuk mempertimbangkan semua nilai kasus/parameter
Sulit untuk menentukan sensitivitas
Waktu untuk mengembangkan dan mengeksekusi simulasi
Upaya untuk memvalidasi model dan menganalisa data output


ü   Untuk membuat sebuah simulasi maka proses-prosenya adalah sebagai berikut :

Memahami sistem yang akan disimulasikan
Mengembangkan model matematika dari sistem
Mengembangkan model matematika untuk simulasi
Membuat program (software) komputer
Menguji,memverifikasi dan memvalidasi keluaran simulasi
Mengeksekusi program simulasi untuk tujuan tertentu.
Simulasi dapat berjalan berdasarkan :
Time-driven: simulasi berjalan pada interval waktu tertentu (misalnya state ditentukan pada saat t, t + Dt, t + 2
Dt, …).

Ø  Contoh implementasi simulasi
Salah satu contoh simulasi adalah dalam permain (game) komputer. Beberapa tipe game komputer antara lain :
·        permainan strategi (strategic game), permainan ketrampilan tangan dan
      mata, permainan tantangan (adventure game).
·    Permainan strategi (strategic game) merupakan permainan papan (board) kartu (card) atau permainan yang dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner), dimana kemenangan dihitung berdasarkan aturan tertentu. Contoh : catur (chess), bridge, go-moku, command and conquer generals.
·        Permainan ketrampilan tangan dan mata adalah permainan yang melibatkan kecepatan dan koordinasi antara ketrampilan tangan dan mata manusia terhadap mesin komputer, umumnya menggunakan tampilan (screen display) resolusi tinggi. Contoh : simulasi mobil (driving game), simulasi terbang (flight simulation), dxball game. Dalam permainan tantangan (adventure game), program komputer mentranslasikan tanggapan pemain (player response) terhadap suatu kejadian baik atau buruk dalam menyelesaikan persoalan. Beberapa metode melihat ke depan (looking ahead) : minimax search algorithm, alpha beta search algorithm. Antar muka pengguna (user interface) dengan komputer dirancang sedemikian rupa sehingga pemain (player) hanya akan berkonsentrasi pada permainan dan tidak dibebani perihal cara operasi program komputer. Antarmuka pengguna saat ini melibatkan multimedia (suara, gambar dan animasi).

Berikut adalah salah satu contoh penggunaan simulasi dalam permain game :
a. Tamagochi
Didalam game tamagochi ini ada tentang petualangan hidup dari mulai bayi sampai tamogochinya menjadi dewasa.
Game puzzle, salah satunya bernama Bloks'D didalam permainnya mengandalkan kecepatan tangan dan mata