Ø Pengertian Simulasi
Simulasi
adalah proses yang diperlukan untuk operasionalisasi suatu model untuk meniru
tingkah laku sistem yang sesungguhnya. Dalam praktek antara modeling dan
simulasi berhubungan sangat erat. Simulasi dapat didefinisikan sebagai
pengimitasian proses dari kejadian ril atau kenyataannya. Dimana imitasi pada
simulasi bertujuan untuk menghadirkan sistem ril dalam bentuk maya melalui
penggunaan tiruan dari komponen-komponen dan strukturnya. Adapun pengertian simulasi yang lain adalah
proses merancang model matematis atau logik dari sistem selanjutnya melakukan
eksperimen dengan model tersebut untuk menggambarkan, menjelaskan dan
memprediksi kelakukan dari system. Simulasi bertujuan untuk pelatihan
(training), studi perilaku sistem (behaviour) dan hiburan atau permainan
(game).
Model
simulasi ada dua (2) macam :
Simulasi
Analog
Yaitu
simulasi yang mempergunakan representasi fisik untuk menjelaskan karakteristik
penting dari suatu masalah. Contoh : model hidraulik sistem ekonomi makro.
Simulasi
Simbolik
Pada
dasarnya meniru model matematik yang pemecahannya (dipermudah) dengan
menggunakan computer, disebut simulasi komputer.
v
Terdapat tiga (3) komponen utama yang mendasari simulasi :
1. Metode analisis sistem
2. Metode statistik
3. Pemograman computer
Pengertian Sistem
secara umum
Sistem adalah Media
yang didukung oleh komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain dan
dibatasi oleh aturan tertentu guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Sebuah
sistem beroperasi dalam ruang dan waktu.
Contoh: Sistem Tata
surya, Jaringan Telpon, Sistem Operasi Komputer
Cara mempelajari suatu
system adalah :
1. Mengambil
data sampel dan melakukan uji coba.
2. Mengangkat
suatu permasalahan dari sistem, lalu membuat batasan terhadap pokok bahasan.
3. Menyederhanakan
pokok bahasan sesuai kebutuhan data dari sistem.
Model
Representasi sistem
yang disederhanakan (pada suatu ruang dan waktu) untuk meningkatkan pengertian
terhadap sistem yang sebenarnya.
Klasifikasi model ,dibedakan menjadi 2 (dua) :
1. Model Fisik
2. Model Matematika:
2. Model Matematika:
Model
Dinamis àSangat
dipengaruhi oleh perubahan waktu.
Model
statis à Menunjukkan perilaku sistem secara spesifik pada kondisi tertentu
saja.
Metode
model matematika ada 2 :
1.Metode Analitis
Menggunakan teori matematika deduktif untuk menyelesaikan model.
Menggunakan teori matematika deduktif untuk menyelesaikan model.
2.MetodeNumerik:
Menggunakan prosedur-prosedur komputasi untuk menyelesaikan persamaaan- persamaan dari suatu model.
Menggunakan prosedur-prosedur komputasi untuk menyelesaikan persamaaan- persamaan dari suatu model.
Ø Kenapa
perlu simulasi?......
Karena untuk memberikan
gambaran dan perkiraan pada aplikasi yang kita buat seperti apa, dan bagimana
cara aplikasi yang kita buat tersebut
berkerja. Maka setalah kita mengetahui gambarannya seperti apa dari sanalah
kita bisa merancang apliksi yang kita buat.
Ø Kelebihan dan kekurangan dari simulasi adalah sebagai berikut :
ü Keuntungan Simulasi :
Memungkinkan
detail bisa dicakup
Dapat
membandingkan rancangan sistem yang lain
Dapat
mengontrol skala waktu
Sistem
eksisting tidak diperlukan
ü Kelemahan Simulasi:
Sulit untuk
menggeneralisir hasil
Sulit untuk
mempertimbangkan semua nilai kasus/parameter
Sulit untuk
menentukan sensitivitas
Waktu untuk
mengembangkan dan mengeksekusi simulasi
Upaya untuk
memvalidasi model dan menganalisa data output
ü Untuk membuat sebuah simulasi maka proses-prosenya adalah sebagai
berikut :
Memahami
sistem yang akan disimulasikan
Mengembangkan
model matematika dari sistem
Mengembangkan
model matematika untuk simulasi
Membuat
program (software) komputer
Menguji,memverifikasi
dan memvalidasi keluaran simulasi
Mengeksekusi
program simulasi untuk tujuan tertentu.
Simulasi
dapat berjalan berdasarkan :
Time-driven:
simulasi berjalan pada interval waktu tertentu (misalnya state ditentukan pada
saat t, t + Dt, t + 2
Dt,
…).
Ø Contoh implementasi simulasi
Salah satu
contoh simulasi adalah dalam permain (game) komputer. Beberapa tipe game
komputer antara lain :
·
permainan strategi
(strategic game), permainan ketrampilan tangan dan
mata, permainan tantangan
(adventure game).
· Permainan strategi
(strategic game) merupakan permainan papan (board) kartu (card) atau permainan yang
dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner), dimana kemenangan dihitung
berdasarkan aturan tertentu. Contoh : catur (chess), bridge, go-moku, command
and conquer generals.
·
Permainan ketrampilan tangan
dan mata adalah permainan yang melibatkan kecepatan dan koordinasi antara
ketrampilan tangan dan mata manusia terhadap mesin komputer, umumnya
menggunakan tampilan (screen display) resolusi tinggi. Contoh : simulasi mobil
(driving game), simulasi terbang (flight simulation), dxball game. Dalam
permainan tantangan (adventure game), program komputer mentranslasikan
tanggapan pemain (player response) terhadap suatu kejadian baik atau buruk
dalam menyelesaikan persoalan. Beberapa metode melihat ke depan (looking ahead)
: minimax search algorithm, alpha beta search algorithm. Antar muka pengguna
(user interface) dengan komputer dirancang sedemikian rupa sehingga pemain
(player) hanya akan berkonsentrasi pada permainan dan tidak dibebani perihal
cara operasi program komputer. Antarmuka pengguna saat ini melibatkan
multimedia (suara, gambar dan animasi).
Berikut
adalah salah satu contoh penggunaan simulasi dalam permain game :
a.
Tamagochi
Didalam
game tamagochi ini ada tentang petualangan hidup dari mulai bayi sampai
tamogochinya menjadi dewasa.
Game
puzzle, salah satunya bernama Bloks'D didalam permainnya mengandalkan kecepatan
tangan dan mata